Bupati Gowa: Pramuka Wadah Pembinaan Karakter

0
141

GOWA – Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan karakter bangsa mulai dari generasi muda. Pasalnya, pendidikan kepramukaan, merupakan proses pendidikan karakter bangsa yang dilakukan dalam bentuk yang menarik, terarah dan praktis.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya usai dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Gowa pada Pelantikan Orientasi dan Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gowa Periode 2019-2024 di Bumi Perkemahan Caddika HM Yasin Limpo, Desa Pa’bentengan, Kecamatan Bajeng, Minggu (29/12/2019).

Dalam pelantikannya, Bupati Adnan dilantik langsung Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel yahrul Yasin Limpo yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Pertanian RI.

“Pembinaan karakter anak bangsa kita di mulai dari Pramuka. Salah satunya keluarga kami yang dididik untuk mengikuti Pramuka mulai dari siaga hingga pandega demi membentuk kepribadian kita lebih mandiri, berani dan tangguh,” katanya usai dilantik.

Ia pun mengaku, prestasi dan capaiannya hingga saat ini tidak terlepas dari keterlibatannya di Pramuka mulai dari siaga hingga pandega.

“Saya telah mengikuti Jambore Nasional pada 1996 di Bumi Perkemahan Cibubur. Sebelumnya saya juga mengikuti pendidikan Pramuka di Wisma Wiladatika, dari kegiatan ini banyak pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan,” ujarnya.

Menurutnya, pendidikan karakter yang dibentuk dalam seluruh gerakan kepramukaan sangat berkolerasi dengan apa yang menjadi visi-misi Presiden RI Joko Widodo yaitu revolusi mental.

“Di Pramuka lah bisa dicapai revolusi mental untuk Indonesia yang makin jaya dan maju di akan datang. Pendidikan karakter yang kita idam-idamkan bersama itu bisa di lakukan melalui gerakan pramuka. Karena di gerakan Pramuka lah pendidikan karakter itu akan di lakukan dengan sebenar-benarnya,” terangnya.

Sementara, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, gerakan Pramuka adalah modal sebuah negara dan bangsa. Keterlibatan kita pada gerakan Pramuka menjadi bagian dari konstribusi dan sumbangsih dalam mewujudkan masa depan bangsa, negara dan daerah yang lebih baik.

“Dalam Pramuka kita bisa mengabdi untuk bangsa dengan menciptakan sumberdaya manusia atau anak bangsa yang berani, cerdas, komitmen dan bertanggungjawab,” katanya.

Jika kita ingin melihat besok Indonesia maju dan jaya serta menjadi bangsa yang bermartabat maka gerakan Pramuka harus terus didorong dengan menghadirkan karakter kepramukaan di dalamnya. Antara lain mengajarkan persaudaraan, gotong royong, kepedulian sesama makhluk hidup hingga kebersamaan.

“Ini akan mendidik generasi kita untuk tidak radikal dan fundamental yang dapat memecah belah kita sesama anak bangsa,” tegasnya.

Pada gerakan Pramuka banyak menciptakan pemimpin-pemimpin cerdas dan berani hingga saat ini. Sehingga dirinya berharap, gerakan Pramuka harus terus dapat digelorakan.

Selain Adnan, pengurus Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Gowa antara lain Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka dan masing-masing Kapolres Gowa, Dandim 1409 Gowa, Ketua DPRD Gowa, Ketua Kejaksaan Gowa sebagai anggota.

Editor: Awang Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here