TRIBUN-MEDAN.com-Rapat Kerja (Rakerda) Pramuka Sumatera Utara yang digelar selama tiga hari, 27-29 Desember 2019 membahas berbagai tantangan yang dialami gerakan Pramuka untuk kembali berjaya di Sumatera Utara.

Diantaranya adalah banyaknya sekolah-sekolah di Kota Medan yang belum memiliki kegiatan Pramuka atau Gugus Depan Pramuka.

Sekretaris Komisi Bina Muda Kwarda Sumut Iskandar Zulkarnain Nasution mengatakan, bahwa sekolah yang dimaksud tak memiliki Pramuka bahkan berlabel Internasional.

“Ada, di sekolah di Medan terbanyak. Saya kasih contoh kecil di Kota Medan itu ada yang tidak memiliki gugus depan. Pada umumnya mereka sekolah-sekolah yang berlabel Internasional,” katanya saat ditemui Tribun Medan, Sabtu (28/12/2019) dalam acara Rakerda di Grand Kanaya Hotel, Jalan Darussalam, No.12 Medan.

Iskandar mengaku Kwartir Daerah (Kwarda) Sumut sudah berdialog dengan Dinas Pendidikan Kota Medan melihat apa yang menjadi keengganan Gerakan Pramuka ada di sekolah yang dimaksud. Dialog dengan Dinas Pendidikan hingga saat ini berjalan baik.

Pria yang dikenal sebagai adik Plt Walikota Medan ini menuturkan Dinas Pendidikan menyambut baik, agar Pramuka masuk ke sekolah sekolah bertaraf Internasional ini.

“Kemarin kita sudah berbicara dengan Kadis Pendidikan Kota Medan. Dia konsern dengan ini, bahkan ia menyambut baik untuk dibantu agar ada gugus depan di sekolah yang ada di Kota Medan, dalam hal ini sekolah yang dibawah Dinas Pendidikan Kota Medan yaitu SD dan SMP,” katanya.

Gerakan Pramuka adalah pendidikan yang dirangkum dalam Kurikulum 2013 sebagai ekstrakulikuler yang wajib ada di sekolah. Iskandar mengaku, Pramuka masih sangat relevan untuk membangun karakter generasi muda yang cinta tanah air.

Disinggung terkait nama sekolah yang tak memiliki Gugus Depan Pramuka, Iskandar tak ingin menyebutkan.

“Saya enggak ingin sebut merek. Kota Medan terbanyak sekitar 10 atau 15 sekolah yang tidak memiliki Gugus Depan Pramuka. Saya enggak berani bilang kenapa. Tapi mungkin saja tidak paham dengan pendidikan karakter yang ada dalam Pramuka,” tutupnya.

(cr15/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Banyak Sekolah Berlabel Internasional di Medan Tak Punya Pramuka, https://medan.tribunnews.com/2019/12/28/banyak-sekolah-berlabel-internasional-di-medan-tak-punya-pramuka.
Penulis: Alija Magribi
Editor: Liston Damanik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here