Pramuka SMAN 1 Blahbatuh Gelar Kemah Pelantikan Pramuka Penegak Sabtu, 28 Desember 2019 – 15:30 | 40.01k

0
124

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Gugus Depan SMA Negeri 1 Bahbatuh (BLASMAN), Ambalan Civa Mukthi Dhurga Nandini menggelar kegiatan Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara di Bumi Perkemahan Puncak Sari, Desa Kerta, Payangan Gianyar.

Perkemahan tersebut digelar selama empat hari, dari mulai Senin, 23 – 26 Desember 2019.

Kegiatan ini merupakan prosesi pelantikan seorang pramuka yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum  (SKU) pramuka penegak menjadi pramuka bantara sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) penegak bantara. Pada tahun ini Perkemahan Pelantikan Bantara diikuti oleh puluhan calon bantara.

Berbagai aktivitas wajib diikuti oleh peserta perkemahan yang bertujuan untuk melatih kemandirian, semangat kebersamaan, cinta tanah air dan rasa tanggung jawab. 

Kenaikan tingkat dalam Kepramukaan membutuhkan usaha yang gigih. Agar dapat dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara, peserta harus menempuh serta menyelesaikan seluruh poin yang ada dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum).

       

“SKU Pramuka Penegak Bantara terdiri dari berbagai aspek yakni kemampuan bertahan hidup (survival skill), keagamaan, sikap dan perilaku, sosial, dan sebagainya,” ungkap Pembina Satuan Putri Kak Candra Cahyani.

Ketua Sangga Kerja, Kak Dian Safitri menyampaikan bahwa kegiatan perkemahan ini diisi oleh berbagai macam kegiatan yang bertujuan melatih kemandirian, tanggung jawab, kerjasama dan katakter positif lainnya.

“Para calon bantara mengikuti latihan fisik, perkemahan, jelajah alam, jurit malam, bakti sosial bersih lingkungan, penyalaan api unggun, pentas seni, sharing dan berbagai materi dan serangkaian kegiatan lainnya,” ungkapnya

Seluruh nomor ujian dalam SKU diterapkan dalam kegiatan perkemahan. Mulai dari keterampilan tali temali, mendirikan tenda, berkemah, menampilkan kesenian daerah, melaksanakan kerja bakti, mengenali tanda-tanda alam, hingga berperilaku sesuai dengan Pancasila dan agama yang dianut. 

Momen pelantikan dilaksanakan pada Rabu (25/12/19) sore. Pelaksanaan proses kenaikan tingkat ini dipimpin oleh Pembina satuan Putra dan Putri.

Sebagai tanda simbolis, pelantikan dilakukan dengan penyiraman air kembang, pengucapan Tri Satya dan pemasangan TKU Bantara.

“Kami berharap usai pelantikan Bantara ini kalian dapat mempertahankan dan terus mengamalkan Dasa Darma Pramuka,” pesan Kak Cheking selaku Pembina.

Setelah acara pelantikan saat malam sudah mulai gelap, seluruh Sangga Kerja dan Pramuka Penegak yang telah dilantik berkumpul dan melaksanakan Upacara Api Unggun.

Kemudian dilanjutkan dengan pentas seni yang ditampilkan oleh masing-masing ambalan putra dan putri. Penampilan joged bumbung memeriahkan pensi untuk menghibur tamu undangan dan seluruh anggota pramuka.

“Pada Malam Api Unggun, kami turut mengundang perwakilan ambalan dari Gugus  Depan se-Kwarcab Gianyar untuk menjalin tali silaturahmi dan persahabatan,” ungkap  Kak Diah Maharani selaku Pradana Putri.

       

Esoknya, Kamis (26/12/2019) dilaksanakan acara penutupan kegiatan Perkemahan        Pelantikan Pramuka Penegak Bantara. Pada kegiatan ini dibacakan pula urutan sangga    terbaik serta penyerahan hadiah untuk beberapa ketegori lomba.

         Kak Prema, salah satu anggota yang dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara,                             menceritakan keseruan saat mengikuti proses kenaikan menjadi Penegak Bantara. 

         “Banyak pelajaran dan hal menarik yang akan kita kenang dan dapat diambil dalam kegiatan             ini, termasuk kerjasama kelompok, rasa kekeluargaan, kemandirian hingga kesabaran,”                   ujarnya antusias.

         Di momen penutupan Pembina Satuan Putra, Kak Krisna atau biasa disapa Kak Cheking                     berpesan kepada seluruh Anggota Pramuka Ambalan Civa Mukthi Dhurga Nandini yang                     berpangkalan di SMA Negeri 1 Blahbatuh untuk tidak berpuas diri dan terus belajar                           meningkatkan keterampilan dan pengalaman.

        “Mari terus belajar bersama kakak-kakak, mari mengisi diri, apapun yang terjadi jangan tinggi           hati. Menjadi Pramuka adalah keputusan untuk terus belajar sepanjang hayat,” ungkapnya               menutup kegiatan perkemahan.

         Pradana Putra, Kak Arik Ardika mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak               sekolah atas dukungan baik moril maupun materiil kepada ekstrakurikuler pramuka khusunya           pada pelaksanaan perkemahan.

         “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada ekstra lain yg terlibat seperti PMR, FLARE dan             kakak-kakak alumni SMA Negeri 1 Bahbatuh yang hadir dan membantu perkemahan ini,”                 ungkapnya. (*)


       #PRAMUKA #PRAMUKA PENEGAK BANTARA #SMA NEGERI 1 BAHBATUH

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here